Saturday, March 22, 2014

Contoh Cara Meresensi Buku



 berikut ini adalah contoh cara meresensi buku : 

Judul Buku          : EYD Plus
Penulis                 : Redaksi Lima Adi Sekawan
Penerbit               : Limas
Jumlah Halaman : 245 Halaman 
Buku ini dituis oleh  Redaksi Lima Adi Sekawan dan diterbitkan oleh Limas. Buku ini berisi tentang peraturan penulisan ejaan (Bahasa Indonesia) yang disempurnakan (EYD) yang pada dasarnya merupakan ejaan Bahasa Indonesia dari penyempurnaan terakhir atas ejaan-ejaan yang pernah berlaku di Indonesia.
Pada bagian pertama buku EYD Plus ini membahas tentang sekitar ejaan yang terdapat pada halaman 1-6.
Pada bagian kedua membahas tentang Pedoman Umum EYD yang meliputi pemakaian huruf, pemakaian huruf capital dan miring, penulisan kata, penulisan unsur serapan, pemakaian tanda baca yang terdapat pada halaman 7-54.
Pada bagian ketiga membahas tentang Pedoman Umum Pembentukan Istilah yang meliputi; Beberapa konsep dasar, sumber istilah, aspek tata bahasa dalam peristilahan, aspek semantik peristilahan, istilah singkatan dan lambang, dan ejaan dalam peristilahan    yang terdapat pada halaman 55-100.
Pada bagian keempat membahas tentang Pedoman penggunaan nama Indonesia untuk badan usaha, kawasan, dan bangunan yang terdapat pada halaman 115-120.
Pada bagian kelima membahas tentang Tanda dan Lambang yang terdapat pada halaman 115-120.
Pada bagian keenam membahas tentang Jenis Kata yang meliputi; pengertian kata, kata dan istilah, pengelompokan kata yang terdapat pada halaman 121-144.
Pada bagian ketujuh membahas tentang Gaya Bahasa yang meliputi; gaya bahasa penegasan, gaya bahasa perbandingan, gaya bahasa pertentangan, dan gaya bahasa sindiran yang terdapat pada halaman 145-158.
Pada bagian kedelapan membahas tentang Singkatan dan Akronim yang terdapat pada halaman 159-187.
Pada bagian kesembilan membahas tentang Glosarium Kata Baku yang terdapat pada halaman 188-244.
Pokok bahasan dalam buku EYD Plus ini adalah pedoman dalam berbahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan ejaan yang disempurnakan (EYD).



1 comment: